Rosario Castellanos Adalah Penulis Asal Meksiko yang Yang Berkpribadian Introvert - Rabu 25 Mei 2016, halaman utama Google menampilkan gambar seorang wanita patuh baya yang sedang memandang sambil memegang buku.

Ketika kursor di sorot ke arah gambar wanita tersebut, maka akan muncul text "Rosario Castellanos' 91st Birthday".

[caption id="attachment_16906" align="aligncenter" width="700"]Rosario Castellanos Adalah Penulis Asal Meksiko Yang Berkpribadian Introvert Ulang tahun Rosario Castellanos di peringati google doodle[/caption]

Ternyata hari ini bertepatan dengan 91 tahun hari lahirnya Rosario Castellanos, yang lahir pada tanggal 25 Mei 1925. Namun siapakah Rosario Castellanos itu, sehingga hari lahirnya saja diperinggati google ?

Dikutip dari lama wikipedia. Rosario Castellanos adalah seorang penyair sekaligus penulis wanita asal Meksiko generasi 1950 (penyair yang menulis setelah Perang Dunia II).

Nama lengkapnya Rosario Castellanos Figueroa, dia adalah salah satu penulis sastra paling penting Meksiko pada abad terakhir .

Sepanjang hidupnya, ia menulis fasih tentang isu-isu penindasan budaya dan jenis kelamin , dan karyanya telah mempengaruhi teori feminis dan studi budaya.

Meskipun dia mati muda , berkat karyanya telah membuka pintu sastra Meksiko untuk perempuan , dan meninggalkan warisan yang masih bergema hingga saat ini .

Castellanos lahir di Meksiko City, ia adalah gadis Introvert (Kepribadian yang cenderung menutup diri dari kehidupan luar, Pemikir, Pemalu, Senang menyendiri) yang dibesarkan di Comitan dekat peternakan keluarganya di bagian selatan negara bagian Chiapas.

Castellanos merasa terasing dari keluarganya setelah seorang peramal meramalkan bahwa salah satu dari dua anak ibunya akan mati tak lama, dan ibunya berteriak, "Tidak anak itu!" (Saudara laki-laki Castellanos).

Diusia 15 tahun, Castellanos dan keluarganya pindah ke Meksiko City, karena lahan keluarganya di ambil oleh Presiden Lazaro Cardenas, setahun kemudian kedua orang tuanya meninggal dunia dan ia memutuskan untuk hidup sendiri.

Kepribadian Introvert Castellanos terbawa hingga beranjak dewasa, namun meski begitu, Ia mau bergabung dengan sekelompok intelektual Meksiko dan Amerika Tengah, banyak membaca, dan mulai menulis.

Rosario Castellanos mempelajari filsafat dan sastra di UNAM (National Autonomous University of Mexico) yang kemudian ia mengajar dan bergabung dengan Lembaga Adat Nasional, menulis skrip untuk pertunjukan boneka yang dipentaskan di daerah miskin untuk mempromosikan keaksaraan.

Ironisnya, Institut tersebut didirikan oleh Presiden Cárdenas, orang yang telah mengambil alih tanah keluarganya.

Selain sebagai sastrawan, Castellanos juga pernah memegang beberapa jabatan pemerintahan. Castellanos pernah ditunjuk sebagai duta besar untuk Israel pada tahun 1971.

Pada Agustus 1974, Castellanos meninggal dunia di Tel Aviv, Israel karena kecelakaan listrik. Sebagian orang berspekulasi bahwa kecelakaan itu sebenarnya bunuh diri.

penulis Meksiko Martha Cerda, misalnya, menulis kepada wartawan Lucina kathmann, "Saya percaya dia melakukan bunuh diri"

Beberapa buku karya Rosario Castellanos yang tekenal dan dimuat di situs goodreads berjudul ; Balún Canán, El eterno femenino, Los convidados de agosto, Poesía no eres tú dan beberapa buku lainnya.

 
arrow
arrow
    全站熱搜

    ketemulagi 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()